Jasad Mak Erot Tetap Utuh


Tiga makam yang dipindahkan atas nama Mak Erot (80), Mak Asmi (70) dan Sarpani (50) yang merupakan penduduk asli Kampung Cikempong, Desa Pakansari, sempat mengejutkan warga. Pasalnya, pemindahan tiga makam di areal Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/5/2016), kondisi ketiga jenazah masih utuh meski sudah puluhan tahun dikubur.

Hal ini merupakan proyek perluasan Stadion Pakansari. Sebanyak 47 makam di Kampung Cikempong akan dipindahkan Pemerintah Kabupaten Bogor ke pemakaman lain. Yang nantinya bekas makam akan digunakan sebagai akses jalan sekitar Stadion Pakansari Cibinong. Dan sebelum tiga makam di atas, makam sesepuh yang dipindahkan atas nama Mbah Jangkung.

"Saya ngeliatnya aja lemes," ujar Salih (70), sesepuh Kampung Cikempong di lokasi penggalian ketiga makam tersebut, seperti dikutip TribunnewsBogor.com .

Dia juga menuturkan, saat digali ketiga kerangka jenazah tersebut masih utuh.Jenazah-jenazah itu terbungkus kain kafan yang warnanya sudah memudar karena bercampur dengan tanah liat.

Salih juga menceritakan kalau rambut Mak Erot masih utuh. Warga Kampung Cikempong mengenal Mak Erot semasa hidupnya rajin beribadah.

"Mak Erot ini dimakamkan saat saya masih kecil, jadi udah lama banget," ujarnya.

Tokoh agama Kelurahan Pakansari, Ustaz Atep Miftahudin, menambahakan ketiga jenazah yang ditemukan masih utuh itu masih keluarga besar Mak Erot. Namun ia belum bisa memastikan apakah jenazah Mak Erot ini adalah ahli pengobatan pembesaran kelamin yang namanya cukup terkenal selama ini.

"Saya belum bisa memastikan kalau ini Mak Erot yang ahli dalam pengobatan atau bukan. Soalnya Ada dua versi, ada yang bilang Mak Erot ahli pengobatan ada juga bukan," ujar Atep.

posted from Bloggeroid

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »