Riset keyword itu sejenis apaan sih, Kang?
Riset keyword atau lebih tepatnya riset kata kunci merupakan salah satu bagian dari SEO atau pengoptimalan mesin pencari. Riset keyword merupakan langkah paling penting dalam strategi SEO.Bagi sobat yang ingin mendapatkan pengunjung dari mesin pencari maka tidak ada alasan untuk tidak melakukan riset keyword. Sobat tetap bisa mendapatkan pengujung dari mesin pencari tanpa riset keyword, tapi tidak akan maksimal.
Riset keyword pada intinya adalah mencari kata kunci yang sering diketikan pembaca di mesin pencari google dan mengoptimasi kata kunci tersebut pada blog yang kita kelola.
Perbedaan Short dan Long Tail Keyword
Ketika kita melakukan riset keyword maka kita akan menemukan dua jenis keyword, yaitu short dan long tail keyword. Apaan tuh mas??Short tail keyword adalah kata kunci yang biasanya hanya terdiri dari satu atau dua kata. Misalnya :
- Android
- Smarphone
- Android Murah
- Smartphone Terbaru
- dll.
Sedangkan long tail keyword merupakan versi panjang dari short tail keyword. Misalnya :
- Daftar Smarphone Android Paling Keren dan Paling Murah Tahun 2015
- Smartphone Android Samsung Terbaik tapi Murah Banget
- dll.
Dari dua jenis di atas kira-kira mana yang paling bagus?
Jika sobat masih pemula maka long tail keyword lebih direkomendasikan karena tingkat persaingan yang cenderung lebih rendah dan memudahkan kita untuk menguasai posisi teratas mesin pencari.
Kekurangan dari long tail keyword adalah trafik yang didapatkan tidak sebanyak short tail keyword. Selain itu juga cukup sulit untuk menemukan long tail keyword yang benar-benar bagus.
Bagaimana cara melakukan riset keyword, Kang?
Nah kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang cara riset keyword jitu yang mudah-mudahan dapat membantu sobat menemukan keyword yang tepat untuk blog sobat.
Cara yang akan saya gunakan kali ini adalah dengan menggunakan dua buah tools yang bernama Ubersuggest dan juga Google Adwords: Keyword Planner.
Sebenarnya bisa saja hanya menggunakan Google AdWords: Keyword Planner, namun keyword yang dihasilkan kurang bervariasi. Oleh karena itu kita memerlukan bantuan dari Ubersuggest.
Bagaimana prosesnya? silakan disimak di bawah ini :
1. Pergi ke http://ubersuggest.org
2. Setelah itu akan muncul web dengan iklan di mana-mana. Jangan fokus ke iklan tapi fokus ke bagian tengah.
- Masukan kata kunci utama yang berhubungan dengan topik yang ingin sobat cari. Dalam hal ini contohnya "Android"
- Pilih negara. Dalam hal ini contohnya "Indonesia"
- Masukan CAPTCHA
- Klik Suggest
3. Setelah itu akan muncul daftar keyword yang berkaitan dengan "Android"
4. Klik "Select All Keywords"
5. Klik "Get"
6. Copy semua keyword dan simpan menggunakan file .txt
7. Masuk ke Google Adwords: Keyword Planner
- Klik "Get traffic estimates for a list of keywords"
- Upload file keyword yang sudah sobat simpan sebelumnya
- Klik Get estimates
8. Klik "Download"
Tips : sebelum mendownload sobat bisa merubah "Match types" ke "Exact Match" tujuannya agar dapat menampilakan data yang lebih akurat.
9. Pilih format file .CSV dan klik Download
10. Buka file CSV dan silakan dipilih-pilih mana kata kunci yang paling bagus berdasarkan jumlah pencarian dan juga persaingan yang sobat inginkan.
Perlu diketahui bahwa data-data yang ditampilkan dari Google Keywords Planner tidaklah 100% akurat.
11. Selesai....