Cara Mendaftarkan Blog Ke Alexa 2014

Alexa Rank
Setelah situs alexa.com diperbarui secara menyeluruh, mendaftarkan Blog ke Alexa dengan cara terdahulu sudah tidak berlaku lagi. Karena pendaftaran Blog ke Alexa adalah hal yang penting dan selalu dilakukan para Blogger, maka saya membuat lagi posting Mendaftarkan Blog ke Alexa dengan cara yang baru untuk membantu Blogger pemula khususnya.
Mengapa pendaftaran Blog ke Alexa saya katakan hal penting?
Karena alexa adalah satu dari sekian banyak situs penyedia jasa pemantauan website yang paling populer. Yang paling penting dari Alexa ini adalah karena alexa.com memberikan ranking (versi alexa) pada website berdasarkan arus trafik pengunjung. Dan ranking dari Alexa ini sudah dijadikan suatu tolak ukur oleh semua kalangan dalam menilai suatu website. Semakin kecil ranking dari Alexa, maka semakin baik ranking website itu.

Oke, kita langsung saja pada langkah-langkah Mendaftarkan Blog ke Alexa dengan cara yang baru.
1. Buka halaman www.alexa.com
2. Klik Create an Account.
3. Anda bisa pilih antara membuat akun dengan email, atau langsung sign in dengan Facebook. Kita membuat akun menggunakan email saja. Masukan email pada kolom yang disediakan kemudian klik Create.


Cara Mendaftarkan Blog Ke Alexa 2014

4. Kemudian periksa kotak masuk email yang sobat daftarkan tadi. Terdapat email dari Alexa. Klik link verifikasi pada email tersebut.
5. Maka selanjutnya sobat akan masuk ke halaman Choose Your Password. Masukan password dan masukan ulang password, lalu klik Submit password.


Cara Mendaftarkan Blog Ke Alexa 2014

6. Silakan login dengan akun yang baru sobat buat tadi dan kembali buka halaman   www.alexa.com
7. Pada Site Overview, masukan URL Blog sobat kemudian tekan enter.


Cara Mendaftarkan Blog Ke Alexa 2014





8. Pada halaman yang muncul berikutnya, gulir hingga bagian paling bawah, kemudian klik Edit Site Info.


Cara Mendaftarkan Blog Ke Alexa 2014

9. Tujuannya bukan untuk mengedit site info. Melainkan untuk memverifikasi kepemilikan pada situs sobat. Karena untuk melakukan edit site info, sobat harus melakukan verifikasi kepemilikan. Maka setelah sobat klik Edit Site Info, akan muncul pop up, kemudian sobat klik Claim This Site.


Cara Mendaftarkan Blog Ke Alexa 2014

10. Silakan pilih metode verifikasi sesuai keinginan. Agar lebih mudah, pilihlah metode nomor 2.


Cara Mendaftarkan Blog Ke Alexa 2014

11. Gulir ke bagian bawah, akan muncul kode verifikasi. Silakan copy kode verifikasi tersebut.
12. Kemudian login ke akun Blogger sobat pada tab baru.
13. Masuk ke bagian Template dan klik Edit HTML.
14. Dengan tombol ctrl+F, cari kode <head> dan paste kode verifikasi di bawah kode <head>. Atau jika sobat mengerti, silakan letakkan kode verifikasi diantara kode-kode meta tag.
15. Klik Simpan Template.
16. Kembali ke halaman di mana sobat mengambil kode verifikasi. Terakhir klik Verify my ID. Jika sobat melakukan tahapan-tahapan dengan benar, maka verifikasi kepemilikan akan berhasil.


Cara Mendaftarkan Blog Ke Alexa 2014

Sobat telah berhasil membuat akun, mendaftarkan Blog, dan memverifikasi kepemilikan situs di Alexa. Kini sobat tidak perlu bingung lagi bagaimana cara mendaftarkan Blog ke Alexa yang baru. Setelah mendaftarkan Blog sobat, ada baiknya sobat memasang widget Alexa Rank agar mempermudah sobat dalam memantau perkembangan Alexa Rank Blog sobat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »